RPP K13 Kelas 2 SD: Panduan Lengkap dan Terkini
Blogspot.kembangkuning.com Hai semoga semua impianmu terwujud. Kini mari kita kupas tuntas sejarah Perangkat SD. Tulisan Tentang Perangkat SD RPP K13 Kelas 2 SD Panduan Lengkap dan Terkini Simak baik-baik setiap detailnya sampai beres.
- 1.1. RPP K13 Kelas 2 SD: Panduan Komprehensif untuk Pengajaran Efektif
- 2.1. Struktur RPP K13 Kelas 2 SD
- 3.1. Langkah-Langkah Penyusunan RPP K13 Kelas 2 SD
- 4.1. Menentukan Identitas Sekolah:
- 5.1. Merumuskan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar:
- 6.1. Menyusun Indikator Pencapaian Kompetensi:
- 7.1. Menentukan Tujuan Pembelajaran:
- 8.1. Mengembangkan Materi Pembelajaran:
- 9.1. Memilih Metode Pembelajaran:
- 10.1. Menyiapkan Media/Alat Bantu:
- 11.1. Menyusun Langkah-Langkah Pembelajaran:
- 12.1. Menyusun Penilaian:
- 13.1. Menulis Catatan Guru:
- 14.1. Tips Menyusun RPP K13 Kelas 2 SD yang Efektif
- 15.1. Contoh RPP K13 Kelas 2 SD
- 16.1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
- 17.1. Kegiatan Inti (20 menit)
- 18.1. Kegiatan Penutup (5 menit)
Table of Contents
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan dokumen penting yang memandu guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. RPP K13 Kelas 2 SD dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan siswa kelas 2 Sekolah Dasar sesuai dengan Kurikulum 2013 (K13).
Panduan RPP K13 Kelas 2 SD ini akan memberikan pemahaman komprehensif tentang struktur, komponen, dan langkah-langkah penyusunan RPP yang efektif. Dengan mengikuti panduan ini, guru dapat menyusun RPP yang berkualitas tinggi, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa.
Struktur RPP K13 Kelas 2 SDRPP K13 Kelas 2 SD terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu:
- Identitas Sekolah
- Kelas/Semester
- Mata Pelajaran
- Materi Pokok
- Alokasi Waktu
- Kompetensi Inti (KI)
- Kompetensi Dasar (KD)
- Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
- Tujuan Pembelajaran
- Materi Pembelajaran
- Metode Pembelajaran
- Media/Alat Bantu
- Langkah-Langkah Pembelajaran
- Penilaian
- Catatan Guru
Penyusunan RPP K13 Kelas 2 SD dilakukan melalui beberapa langkah sistematis, yaitu:
- Menentukan Identitas Sekolah: Tuliskan nama sekolah, kelas, semester, dan mata pelajaran yang akan diajarkan.
- Merumuskan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar: Identifikasi KI dan KD yang akan dicapai dalam pembelajaran.
- Menyusun Indikator Pencapaian Kompetensi: Buatlah indikator yang jelas dan terukur untuk menilai pencapaian siswa.
- Menentukan Tujuan Pembelajaran: Rumuskan tujuan pembelajaran yang spesifik, terukur, dapat diamati, dan relevan dengan KI dan KD.
- Mengembangkan Materi Pembelajaran: Pilih dan susun materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa.
- Memilih Metode Pembelajaran: Tentukan metode pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran.
- Menyiapkan Media/Alat Bantu: Siapkan media atau alat bantu yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran.
- Menyusun Langkah-Langkah Pembelajaran: Buatlah langkah-langkah pembelajaran yang sistematis dan jelas, meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
- Menyusun Penilaian: Tentukan jenis penilaian yang akan digunakan untuk menilai pencapaian siswa, seperti penilaian harian, ulangan harian, atau tugas.
- Menulis Catatan Guru: Catat hal-hal penting yang perlu diperhatikan selama proses pembelajaran, seperti kesulitan siswa atau materi yang perlu diperdalam. Tips Menyusun RPP K13 Kelas 2 SD yang Efektif
- Gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami siswa.
- Sesuaikan materi pembelajaran dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.
- Variasikan metode pembelajaran untuk menjaga motivasi siswa.
- Gunakan media atau alat bantu yang menarik dan relevan.
- Berikan contoh dan ilustrasi yang konkret untuk memperjelas materi.
- Lakukan refleksi dan evaluasi setelah proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas RPP.
- Mengidentifikasi tokoh dalam teks cerita fiksi
- Mengidentifikasi latar dalam teks cerita fiksi
- Mengidentifikasi alur dalam teks cerita fiksi
- Guru menyapa siswa dan mengecek kehadiran
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
- Guru membacakan teks cerita fiksi Kelinci dan Kura-kura
- Guru membimbing siswa mengidentifikasi tokoh dalam teks cerita fiksi
- Guru membimbing siswa mengidentifikasi latar dalam teks cerita fiksi
- Guru membimbing siswa mengidentifikasi alur dalam teks cerita fiksi
- Guru menyimpulkan materi pembelajaran
- Guru memberikan tugas rumah
- Pengamatan selama proses pembelajaran
- Tugas mengidentifikasi tokoh, latar, dan alur cerita fiksi
Berikut adalah beberapa tips untuk menyusun RPP K13 Kelas 2 SD yang efektif:
Berikut adalah contoh RPP K13 Kelas 2 SD untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia:
Komponen | Isi |
---|---|
Identitas Sekolah | SD Negeri 123 |
Kelas/Semester | 2/1 |
Mata Pelajaran | Bahasa Indonesia |
Materi Pokok | Teks Cerita Fiksi |
Alokasi Waktu | 2 x 35 menit |
KI | KI 3: Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
KD | KD 3.1: Memahami isi teks cerita fiksi yang didengar dan dibaca |
IPK | Siswa dapat mengidentifikasi tokoh, latar, dan alur cerita fiksi yang didengar dan dibaca |
Tujuan Pembelajaran | Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat: |
Materi Pembelajaran | Teks cerita fiksi Kelinci dan Kura-kura |
Metode Pembelajaran | Ceramah, diskusi, tanya jawab |
Media/Alat Bantu | Teks cerita fiksi Kelinci dan Kura-kura, gambar tokoh, gambar latar, gambar alur |
Langkah-Langkah Pembelajaran | Kegiatan Pendahuluan (10 menit) |
Penilaian | Penilaian harian: |
Catatan Guru | Siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran. Beberapa siswa masih kesulitan mengidentifikasi alur cerita fiksi. |
Demikian rpp k13 kelas 2 sd panduan lengkap dan terkini telah saya jabarkan secara menyeluruh dalam perangkat sd Silakan aplikasikan pengetahuan ini dalam kehidupan sehari-hari tetap fokus pada tujuan dan jaga kebugaran. Ayo sebar informasi baik ini kepada semua. Sampai jumpa lagi
✦ Ask AI