RPP K13 Kelas 5 SD: Panduan Lengkap Semester 2
Blogspot.kembangkuning.com Bismillah semoga hari ini membawa berkah untuk kita semua. Pada Edisi Ini saya akan mengulas fakta-fakta seputar Perangkat SD. Pandangan Seputar Perangkat SD RPP K13 Kelas 5 SD Panduan Lengkap Semester 2 jangan sampai terlewat.
- 1.1. RPP K13 Kelas 5 SD: Panduan Komprehensif untuk Semester 2
- 2.1. Struktur RPP K13 Kelas 5 SD
- 3.1. Langkah-Langkah Penyusunan RPP K13 Kelas 5 SD
- 4.1. Menganalisis Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
- 5.1. Menentukan Indikator Pencapaian Kompetensi
- 6.1. Merumuskan Tujuan Pembelajaran
- 7.1. Menyusun Materi Pembelajaran
- 8.1. Memilih Metode Pembelajaran
- 9.1. Menyiapkan Media/Alat Bantu
- 10.1. Merancang Langkah-Langkah Pembelajaran
- 11.1. Menyusun Penilaian
- 12.1. Contoh RPP K13 Kelas 5 SD
- 13.1. Kesimpulan
Table of Contents
RPP K13 Kelas 5 SD: Panduan Komprehensif untuk Semester 2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 (K13) untuk kelas 5 Sekolah Dasar (SD) merupakan dokumen penting yang memandu proses belajar mengajar selama semester 2. RPP ini dirancang untuk memastikan bahwa siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai dengan standar kompetensi dan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Struktur RPP K13 Kelas 5 SD
RPP K13 Kelas 5 SD memiliki struktur yang sistematis, meliputi:
- Identitas Sekolah
- Kelas/Semester
- Mata Pelajaran
- Materi Pokok
- Alokasi Waktu
- Kompetensi Inti (KI)
- Kompetensi Dasar (KD)
- Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
- Tujuan Pembelajaran
- Materi Pembelajaran
- Metode Pembelajaran
- Media/Alat Bantu
- Langkah-Langkah Pembelajaran
- Penilaian
Langkah-Langkah Penyusunan RPP K13 Kelas 5 SD
Penyusunan RPP K13 Kelas 5 SD dilakukan melalui beberapa langkah, yaitu:
- Menganalisis Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar: Pahami KI dan KD yang akan diajarkan pada semester 2.
- Menentukan Indikator Pencapaian Kompetensi: Rumuskan IPK yang spesifik, terukur, dan dapat diamati.
- Merumuskan Tujuan Pembelajaran: Tentukan tujuan pembelajaran yang jelas dan sesuai dengan IPK.
- Menyusun Materi Pembelajaran: Pilih materi yang relevan, menarik, dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.
- Memilih Metode Pembelajaran: Tentukan metode pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan karakteristik materi dan siswa.
- Menyiapkan Media/Alat Bantu: Siapkan media dan alat bantu yang mendukung proses pembelajaran.
- Merancang Langkah-Langkah Pembelajaran: Susun langkah-langkah pembelajaran yang sistematis dan terstruktur.
- Menyusun Penilaian: Tentukan jenis penilaian yang akan digunakan untuk mengukur pencapaian siswa.
- Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang sisi datar.
- Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang sisi lengkung.
- Sifat-sifat bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, limas, kerucut)
- Sifat-sifat bangun ruang sisi lengkung (bola, tabung, kerucut)
- Pendahuluan (10 menit)
- Kegiatan Inti (25 menit)
- Penutup (5 menit)
- Penilaian Sikap: Observasi
- Penilaian Pengetahuan: Tes lisan
- Penilaian Keterampilan: Praktik membuat model bangun ruang
Contoh RPP K13 Kelas 5 SD
Berikut adalah contoh RPP K13 Kelas 5 SD untuk mata pelajaran Matematika:
Komponen | Isi |
---|---|
Identitas Sekolah | SD Negeri 123 |
Kelas/Semester | 5/2 |
Mata Pelajaran | Matematika |
Materi Pokok | Bangun Ruang |
Alokasi Waktu | 2 x 40 menit |
KI | KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
KD | KD 3.4: Menjelaskan sifat-sifat bangun ruang sisi datar dan bangun ruang sisi lengkung. |
IPK | Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bangun ruang sisi datar dan bangun ruang sisi lengkung. |
Tujuan Pembelajaran | Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat: |
Materi Pembelajaran | |
Metode Pembelajaran | Ceramah, diskusi, tanya jawab |
Media/Alat Bantu | Model bangun ruang, gambar bangun ruang |
Langkah-Langkah Pembelajaran | |
Penilaian | |
Kesimpulan
RPP K13 Kelas 5 SD merupakan dokumen penting yang memandu proses belajar mengajar. Dengan menyusun RPP yang baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip K13, guru dapat memastikan bahwa siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang optimal.
Terima kasih telah mengikuti pembahasan rpp k13 kelas 5 sd panduan lengkap semester 2 dalam perangkat sd ini Terima kasih telah mempercayakan kami sebagai sumber informasi cari inspirasi dari alam dan jaga keseimbangan hidup. Mari bagikan kebaikan ini kepada orang lain. Sampai bertemu lagi
✦ Ask AI