Your cart

Price
SUBTOTAL:
Rp.0

RPP K13 Seni Budaya Kelas 8: Panduan Mengajar Terbaru

img

Blogspot.kembangkuning.com Hai apa kabar semuanya selamat membaca Pada Postingan Ini aku mau menjelaskan kelebihan dan kekurangan Perangkat SMP. Artikel Ini Menyajikan Perangkat SMP RPP K13 Seni Budaya Kelas 8 Panduan Mengajar Terbaru Ikuti terus ulasannya hingga paragraf terakhir.

RPP K13 Seni Budaya Kelas 8: Panduan Mengajar yang Komprehensif

Sebagai pendidik profesional di bidang Seni Budaya, sangat penting untuk memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang komprehensif dan sesuai dengan Kurikulum 2013 (K13). RPP K13 Seni Budaya Kelas 8 ini dirancang untuk memberikan panduan yang jelas dan efektif bagi guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar.

Komponen Penting RPP K13 Seni Budaya Kelas 8

RPP K13 Seni Budaya Kelas 8 terdiri dari beberapa komponen penting, antara lain:

  • Identitas: Berisi informasi tentang sekolah, mata pelajaran, kelas, dan semester.
  • Kompetensi Inti: Kompetensi dasar yang harus dicapai siswa setelah mengikuti pembelajaran.
  • Kompetensi Dasar: Kompetensi khusus yang harus dicapai siswa dalam setiap materi pembelajaran.
  • Indikator Pencapaian Kompetensi: Indikator yang menunjukkan pencapaian kompetensi dasar.
  • Tujuan Pembelajaran: Tujuan yang ingin dicapai dalam setiap kegiatan pembelajaran.
  • Materi Pembelajaran: Materi yang akan dipelajari siswa dalam setiap kegiatan pembelajaran.
  • Metode Pembelajaran: Metode yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar.
  • Media Pembelajaran: Media yang akan digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar.
  • Sumber Belajar: Sumber yang akan digunakan untuk memperoleh materi pembelajaran.
  • Langkah-langkah Pembelajaran: Langkah-langkah yang akan dilakukan dalam proses belajar mengajar.
  • Penilaian: Teknik penilaian yang akan digunakan untuk mengukur pencapaian siswa.

Langkah-langkah Pembelajaran RPP K13 Seni Budaya Kelas 8

Langkah-langkah pembelajaran dalam RPP K13 Seni Budaya Kelas 8 umumnya terdiri dari:

  1. Pendahuluan: Kegiatan awal untuk menyiapkan siswa sebelum memasuki materi pembelajaran.
  2. Inti: Kegiatan utama untuk menyampaikan materi pembelajaran dan mengembangkan keterampilan siswa.
  3. Penutup: Kegiatan akhir untuk menyimpulkan materi pembelajaran dan merefleksikan proses belajar mengajar.

Contoh RPP K13 Seni Budaya Kelas 8

Berikut adalah contoh RPP K13 Seni Budaya Kelas 8 untuk materi Seni Tari Tradisional Indonesia:

Komponen Isi
Identitas Sekolah: SMP Negeri 1 Jakarta
Mata Pelajaran: Seni Budaya
Kelas: VIII
Semester: 1
Kompetensi Inti 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Kompetensi Dasar 3.1 Memahami konsep dasar seni tari tradisional Indonesia.
Indikator Pencapaian Kompetensi - Siswa dapat menjelaskan pengertian seni tari tradisional Indonesia.
- Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis seni tari tradisional Indonesia.
- Siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur seni tari tradisional Indonesia.
Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
- Menjelaskan pengertian seni tari tradisional Indonesia.
- Menyebutkan jenis-jenis seni tari tradisional Indonesia.
- Mengidentifikasi unsur-unsur seni tari tradisional Indonesia.
Materi Pembelajaran - Pengertian seni tari tradisional Indonesia
- Jenis-jenis seni tari tradisional Indonesia
- Unsur-unsur seni tari tradisional Indonesia
Metode Pembelajaran Ceramah, diskusi, demonstrasi
Media Pembelajaran PowerPoint, video, alat musik tradisional
Sumber Belajar Buku teks, internet, narasumber
Langkah-langkah Pembelajaran Pendahuluan
- Guru menyapa siswa dan mengecek kehadiran.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan pengalaman siswa tentang seni tari tradisional Indonesia.
Inti
- Guru menjelaskan pengertian seni tari tradisional Indonesia.
- Guru menyebutkan jenis-jenis seni tari tradisional Indonesia.
- Guru mengidentifikasi unsur-unsur seni tari tradisional Indonesia.
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan berdiskusi.
Penutup
- Guru menyimpulkan materi pembelajaran.
- Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat laporan tentang salah satu jenis seni tari tradisional Indonesia.
Penilaian - Penilaian sikap: Observasi selama proses belajar mengajar.
- Penilaian pengetahuan: Tes tertulis.
- Penilaian keterampilan: Tugas membuat laporan.

Kesimpulan

RPP K13 Seni Budaya Kelas 8 merupakan panduan penting bagi guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang efektif dan bermakna. Dengan mengikuti langkah-langkah dan komponen yang tercantum dalam RPP ini, guru dapat memastikan bahwa siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai dengan kompetensi yang diharapkan.

Selesai sudah pembahasan rpp k13 seni budaya kelas 8 panduan mengajar terbaru yang saya tuangkan dalam perangkat smp Silakan eksplorasi topik ini lebih jauh lagi tetap semangat berkarya dan jaga kesehatan tulang. Jangan ragu untuk membagikan ini ke sahabat-sahabatmu. lihat artikel lainnya di bawah ini.

© Copyright 2024 - Blog Spot
Added Successfully

Type above and press Enter to search.

Close Ads