RPP Matematika K13 Kelas XI Semester 2: Panduan Lengkap Revisi 2019
Blogspot.kembangkuning.com Hai semoga kamu selalu dikelilingi orang-orang baik. Di Kutipan Ini mari kita ulas Perangkat SMA yang sedang populer saat ini. Pembahasan Mengenai Perangkat SMA RPP Matematika K13 Kelas XI Semester 2 Panduan Lengkap Revisi 2019 Pelajari seluruh isinya hingga pada penutup.
- 1.1. RPP Matematika K13 Kelas XI Semester 2: Panduan Komprehensif Revisi 2019
- 2.1. Struktur RPP Matematika K13 Kelas XI Semester 2
- 3.1. Langkah-langkah Penyusunan RPP Matematika K13 Kelas XI Semester 2
- 4.1. Menganalisis Kompetensi Dasar (KD)
- 5.1. Menentukan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
- 6.1. Merumuskan Tujuan Pembelajaran
- 7.1. Menyusun Materi Pembelajaran
- 8.1. Memilih Metode Pembelajaran
- 9.1. Menyiapkan Media Pembelajaran
- 10.1. Menyusun Langkah-langkah Pembelajaran
- 11.1. Menyusun Penilaian
- 12.1. Contoh RPP Matematika K13 Kelas XI Semester 2
- 13.1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
- 14.1. Kegiatan Inti (1 menit)
- 15.1. Kegiatan Penutup (5 menit)
Table of Contents
RPP Matematika K13 Kelas XI Semester 2: Panduan Komprehensif Revisi 2019
Sebagai pendidik profesional, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang efektif sangat penting untuk memastikan proses belajar mengajar yang optimal. RPP Matematika K13 Kelas XI Semester 2 yang telah direvisi pada tahun 2019 memberikan panduan komprehensif bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran yang bermakna dan sesuai dengan kurikulum terbaru.
Struktur RPP Matematika K13 Kelas XI Semester 2
RPP Matematika K13 Kelas XI Semester 2 terdiri dari beberapa komponen utama, antara lain:
- Identitas Sekolah
- Mata Pelajaran
- Kelas/Semester
- Materi Pokok
- Alokasi Waktu
- Kompetensi Inti (KI)
- Kompetensi Dasar (KD)
- Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
- Tujuan Pembelajaran
- Materi Pembelajaran
- Metode Pembelajaran
- Media Pembelajaran
- Sumber Belajar
- Langkah-langkah Pembelajaran
- Penilaian
Langkah-langkah Penyusunan RPP Matematika K13 Kelas XI Semester 2
Dalam menyusun RPP Matematika K13 Kelas XI Semester 2, guru perlu mengikuti langkah-langkah berikut:
- Menganalisis Kompetensi Dasar (KD): Pahami KD yang akan diajarkan dan pastikan materi pembelajaran sesuai dengan KD tersebut.
- Menentukan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK): Rumuskan IPK yang jelas dan terukur untuk mengukur pencapaian siswa.
- Merumuskan Tujuan Pembelajaran: Tentukan tujuan pembelajaran yang spesifik, terukur, dapat diamati, dan relevan dengan KD.
- Menyusun Materi Pembelajaran: Pilih materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD, serta sesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa.
- Memilih Metode Pembelajaran: Tentukan metode pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan materi pembelajaran, seperti ceramah, diskusi, atau pemecahan masalah.
- Menyiapkan Media Pembelajaran: Pilih media pembelajaran yang mendukung proses belajar mengajar, seperti buku teks, gambar, atau video.
- Menyusun Langkah-langkah Pembelajaran: Rancang langkah-langkah pembelajaran yang jelas dan sistematis, termasuk kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
- Menyusun Penilaian: Tentukan jenis penilaian yang akan digunakan, seperti penilaian harian, penilaian tengah semester, atau penilaian akhir semester.
- KI 3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- KI 4: Melakukan pengolahan, penalaran, dan penyajian dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
- KD 3.11: Menganalisis hubungan antar sudut dan panjang sisi pada segitiga siku-siku.
- KD 4.11: Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar sudut dan panjang sisi pada segitiga siku-siku.
- Siswa dapat menjelaskan konsep trigonometri pada segitiga siku-siku.
- Siswa dapat menggunakan rumus trigonometri untuk menyelesaikan masalah.
- Siswa dapat menerapkan konsep trigonometri dalam kehidupan sehari-hari.
- Siswa memahami konsep trigonometri pada segitiga siku-siku.
- Siswa mampu menggunakan rumus trigonometri untuk menyelesaikan masalah.
- Siswa dapat menerapkan konsep trigonometri dalam kehidupan sehari-hari.
- Konsep trigonometri pada segitiga siku-siku
- Rumus trigonometri (sinus, cosinus, tangen)
- Aplikasi trigonometri dalam kehidupan sehari-hari
- Ceramah
- Diskusi
- Pemecahan masalah
- Buku teks
- Gambar
- Video
- Buku teks Matematika Kelas XI
- Modul Trigonometri
- Internet
- Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
- Guru menyapa siswa dan mengecek kehadiran.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan pengetahuan siswa tentang segitiga siku-siku.
- Kegiatan Inti (1 menit)
- Guru menjelaskan konsep trigonometri pada segitiga siku-siku.
- Guru memberikan contoh soal dan membimbing siswa dalam menyelesaikannya.
- Guru membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk berdiskusi dan mengerjakan soal latihan.
- Kegiatan Penutup (5 menit)
- Guru merangkum materi yang telah dipelajari.
- Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
- Guru menutup pembelajaran.
- Penilaian harian (observasi, tugas)
- Penilaian tengah semester (ulangan harian)
- Penilaian akhir semester (ulangan umum)
Contoh RPP Matematika K13 Kelas XI Semester 2
Berikut adalah contoh RPP Matematika K13 Kelas XI Semester 2 untuk materi Trigonometri:
Komponen | Isi |
---|---|
Identitas Sekolah | SMA Negeri 1 Jakarta |
Mata Pelajaran | Matematika |
Kelas/Semester | XI/2 |
Materi Pokok | Trigonometri |
Alokasi Waktu | 4 x 45 menit |
Kompetensi Inti | |
Kompetensi Dasar | |
Indikator Pencapaian Kompetensi | |
Tujuan Pembelajaran | |
Materi Pembelajaran | |
Metode Pembelajaran | |
Media Pembelajaran | |
Sumber Belajar | |
Langkah-langkah Pembelajaran | |
Penilaian | |
Dengan mengikuti langkah-langkah penyusunan RPP Matematika K13 Kelas XI Semester 2 yang tepat, guru dapat memastikan proses belajar mengajar yang efektif dan bermakna. RPP yang disusun dengan baik akan membantu siswa memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah dan mencapai kompetensi yang diharapkan.
Sekian rangkuman lengkap tentang rpp matematika k13 kelas xi semester 2 panduan lengkap revisi 2019 yang saya sampaikan melalui perangkat sma Jangan ragu untuk mencari tahu lebih banyak dari berbagai sumber tetap semangat belajar dan jaga kebugaran fisik. sebarkan postingan ini ke teman-teman. Sampai jumpa di artikel selanjutnya
✦ Ask AI